BIMBINGAN TEKNIS PEMBINAAN DAN ASISTENSI PENYUSUNAN MAKALAH INOVASI PELAYANAN PUBLIK PEMERINTAH KOTA BATAM

Dalam menyusun Proposal Inovasi yang kompetitif, Pemerintah Kota Batam bersama seluruh Perangkat Daerah Kota Batam senantiasa berkreasi dengan menghasilkan berbagai inovasi dalam pelayanan publik. Beberapa inovasi tersebut yang sudah menghiasi ruang publik seperti Mal Pelayanan Publik, Penerapan Tapping Box, Pelaksanaan Non Tunai, Pasar TPID, JDIH, BPBJ, Pendaftaran Berobat Online, SIP BOS, Retribusi Kebersihan Online, Klinik PIK, SIAP Online, Ape Kesah, Pelayanan 112 darurat, dll. Substansi yang di tampilkan dari beberapa inovasi tersebut sudah sangat layak untuk dibuatkan dalam kompetisi inovasi pelayanan publik yang tiap tahun digelar oleh KeMenPan RB Indonesia.

Sebagaimana PerMenPan RB No. 30 Tahun 2014 Tentang Inovasi Pelayanan Publik maka inovasi-inovasi tersebut perlu dicantumkan dalam sebuah proposal inovasi sehingga layak untuk diikutkan dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) dimaksud.

Pelaksanaan bimbingan teknis pembinaan dan asistensi penyusunan makalah inovasi pelayanan publik merupakan langkah strategis untuk membenahi dan menyempurnakan inovasi yang sudah terlaksana tersebut dapat diikutkan dalam KIPP 2021.Ibu Titik Djumiarti selaku dosen pada Universitas Diponegoro, Semarang yang ditunjuk kemenpan RB sebagai narasumber dan juga salah satu dewan juri KIPP, menyampaikan beberapa variabel penilaian yang termasuk dalam proposal inovasi seperti kejelasan penggambaran tujuan inisiatif, keselarasan dengan kategori yang dipilih, signifikasi permasalahan dengan kebutuhan, kebaruan/ keunikan/ keaslian inovasi tersebut yang dilengkapi dengan bukti data pendukung, desain inovasi dapat diterapkan, adanya keberlanjutan serta keterpeliharaan pelaksanaan inovasi tersebut, dampak yang ditimbulkan menjadi lebih baik setelah adanya inovasi, adanya keterlibatan pemangku kepentingan serta adanya pelajaran yang didapat dari capaian kinerja inovasi tersebut.

Bimtek tersebut telah dilaksanakan selama satu hari di Golden Prawn, Bengkong yang dibuka secara resmi oleh Bapak Setdako Batam yang di wakili oleh Bapak Asisten Administrasi Umum yaitu Bapak Drs. Heriman. HK menyampaikan penegasan bahwa minimal masing-masing perangkat daerah menyusun satu proposal investasi terkait dengan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi dalam memberikan pelayanan publik pada masyarakat Kota Batam. Peserta bimbingan teknis terdiri dari Sekretaris, Kasubag Umpeg,serta staff yang menangani bidang inovasi pelayanan publik. Acara dilaksanakan selama 1 hari dengan menghadirkan narasumber yang terkait dengan penyusunan-penyusunan proposal inovasi.

Kabag Organisasi Setdako Batam, Rudi Panjaitan menyampaikan bahwa timeline atau tahapan pendaftaran KIPP sudah dimulai pada bulan April 2021 yang akan datang untuk itu, semua Perangkat Daerah Kota Batam supaya menyampaikan Proposal Inovasi dimaksud setelah pelaksanaan Bimtek tersebut.