24 April 2024

Bagian Organisasi

Sekretariat Daerah Kota Batam

Batam Raih Predikat BaikHasil Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)

2 min read

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 1503 Tahun 2021 tentang SPBE pada Kementerian, Lembaga dan Pemda Tahun 2021, Kota Batammeraihindeksevaluasi SPBE sebesar 2,64, menjadisatu-satunya daerah di Kepri yang mendapatkan predikat baik dalam Hasil Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Walikota Batam, Muhammad Rudi menyambut baik atas predikat ini, yang tentu akan menjadi motivasi bagi Pemko Batam untuk terus meningkatkan layanan kepada masyarakat.Dengandiraihnyaprestasiini, Batam akan terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan pelaku usaha yang ada di Batam. Khususkepada para ASN di lingkungan Pemko Batam, Rudi juga selalu berpesan agar terus berinovasi, sejalan dengan cita-cita Batam sebagai kota Batam Bandar Dunia Madani dan Modern.

Di era digital saat ini, Pemko Batam sudah manfaat teknologi informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan, sehingga masyarakat benar-benar mendapatkan layanan yang terbaik.Lebihjelas Rudi mengatakan, bahwa saat ini semua perizinan sudah dilimpahkan kepada DPM PTSP dan sudah menerapkan Sistem Indonesia-Batam Online Single Submission (IBOSS), tujuannya tidak lain adalah agar birokrasi tidak berbelit dan cepat.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informartika (Diskominfo) Kota Batam, Azril Apriansyah memberikanpenjelasanlebihlanjut, bahwa Penilaian SPBE Tahun 2021 berpedoman pada Permen PANRB No.59 Tahun 2020, dimana ada penambahan Struktur Penilaian dari sebelumnya (Permen PANRB No. 05 Tahun 2018).Terdapat 47 indikator penilaian evaluasi SPBE untuk tahun 2021, diantaranya Kebijakan SPBE (Peraturan Walikota), Rencana Induk SPBE, Layanan SPBE yang ada di Pemerintah Kota Batam,dan Infrastruktur TIK.

Penilaian dilakukan dengan tujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya sehingga meningkatkan keterpaduan dan efisiensi sistem pemerintahan berbasis elektronik. Dengandiraihnyaprestasiini, komitmen Kota BatamuntukterusmelaksanakanSistemPemerintahanBerbasis Elektronik akan semakin ditingkatkan guna memberikan pelayanan yang paripurna kepada seluruh masyarakat.