Persiapan Awal Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tingkat Kota Batam Yang Akan Disemarakkan Berbagai Kegiatan Dengan Pelibatan Peran Aktif Masyarakat

BATAM: Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tingkat Kota Batam Tahun 2022 akan menjadi perayaan yang semakin spesial karena bersamaan dengan momentum Presidensi Indonesia pada KTT G20.

Pemerintah telah menetapkan tema HUT ke-77 Kemerdekaan RI, yakni “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”. Tema ini merefleksikan tekad dan daya juang pantang menyerah Bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan, pulih lebih cepat, dan bangkit lebih kuat untuk mengisi kemerdekaan demi kemajuan bangsa.

Penyelenggaraan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Upacara  Penurunan Bendera pada tahun 2022 kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena akan digelar lebih semarak dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dengan tamu undangan yang terbatas. Selain FKPD Kota Batam, Perangkat Daerah, Instansi vertikal dan swasta, tamu undangan juga melibatkan masyarakat umum secara terbatas.

Bagi masyarakat yang tidak berkesempatan untuk hadir secara langsung, tetap dapat mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera Tahun 2022 secara virtual. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan tersebut dapat langsung mendaftarkan diri pada aplikasi dengan tautan: pandang.istanapresidenri.go.id. Sekretariat Presiden akan segera mempublikasikan setelah tautan tersebut siap diakses.

Pada tahun ini, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas akan menggunakan formasi lengkap 17 – 8 – 45 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Prosesi kirab bendera pusaka dari Monumen Nasional ke Istana Merdeka juga akan kembali dilaksanakan. Sedangkan untuk tingkat Kota Batam, prosesi bendera Merah Putih akan dilepas dari Kantor Walikota Batam menuju Dataran Engku Putri.

Kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah dapat menyesuaikan dalam pelaksanaan upacara dan diperbolehkan untuk merayakan kemeriahan dan semangat kemerdekaan dengan berbagai kegiatan positif yang semarak namun tetap memantau perkembangan pandemi di tiap daerah dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Yusfa Hendri, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdako Batam selaku Ketua Umum Panitia HUT RI Tingkat Kota Batam menyampaikan bahwa khusus tingkat Kota Batam akan digelar beberapa rangkaian acara seperti Pawai Semarak Kemerdekaan yang dipusatkan di Dataran Engku Hamidah, Pengukuhan Paskibra Kota Batam, Pawai Taptu, Renungan Suci, Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemberian Remisi, Upacara penurunan bendera dan penampilan Aubade Bahana Barelang, Malam Resepsi Kenegaraan di Harbourbay serta berbagai rangkaian acara kerakyatan yang digelar dan dipusatkan di 12 Kecamatan se Kota Batam.

Setelah rapat awal tersebut, diharapkan seluruh coordinator bidang agar melakukan pertemuan khusus untuk merincikan berbagai persiapan dan kesiapan acara untuk kehikmatan dan pelaksanaan acara dengan baik, ungkapnya diharapan seluruh peserta rapat yang dihadiri oleh unsur TNI AU diwakili LANUD Hang Nadim, TNI AL diwakili LANAL Batam, TNI AD diwakili KODIM 0316/Batam, POLRI diwakili Polresta Barelang, LAPAS Barelang, seluruh Perangkat Daerah Pemko Batam serta perwakilan pengisi acara dari Sokka Gakkai Batam.

Untuk memeriahkan suasana HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, masyarakat diharapkan ikut menyemarakkan dengan berbagai kegiatan dan berpartisipasi aktif dengan memasang logo dan tema HUT Ke-77 Kemerdekaan RI dengan menyematkan logo G20 serta turunannya di tempat-tempat umum, sarana prasarana transportasi, dan berbagai saluran media publikasi.

Masyarakat dapat terus memantau informasi berbagai kegiatan di Bulan Kemerdekaan Tahun 2022 melalui situs web dan media sosial Kementerian Sekretariat Negara dan website Pemerintah Kota Batam pada tautan www.batam.go.id. Adapun pedoman penyelenggaraan peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 termasuk logo dan tema HUT RI beserta panduan visual bagi setiap kantor di instansi pusat, daerah, perwakilan RI di luar negeri dan masyarakat luas, dapat diunduh di situs web www.setneg.go.id.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.