28 April 2024

Bagian Organisasi

Sekretariat Daerah Kota Batam

Kuesioner Indeks BerAKHLAK, Salah Satu Tolak Ukur Keberhasilan Implementasi Core Value ASN

2 min read

Menindaklanjuti surat Sekretaris Kementerian PANRB, nomor: B/96/S.SM.00.00/2022 tanggal 28 Juli 2022, hal: Permohonan Pengisian Survei Budaya Kerja ASN 2022, guna mengukur keberhasilan implementasi Core Values ASN dan Employer Branding Bangga Melayani Bangsa, maka Kementerian PANRB melaksanakan Survei Indeks BerAKHLAK dan Survei Keterikatan Pegawai ASN (Employee Engangement).

Survei Indeks BerAKHLAK bertujuan untuk mengetahui tingkat kesehatan budaya organisasi diantaranya mengenai implementasi core values BerAKHLAK, keselarasan antara nilai pribadi dan nilai organisasi, serta aspirasi pegawai ASN terhadap kondisi budaya yang ideal.

Survei Keterikatan Budaya ASN (employee engangement) dilakukan untuk mengetahui sejauh mana tingkat keterikatan pegawai untuk berkomitmen sebagai ASN pada lingkungan instansi pemerintah baik pusat maupun daerah.

Pengisian Survei Indeks BerAKHLAK untuk kelompok 1 yang merupakan Pemerintah Daerah yang berada di Wilayah Indonesia Barat dilakukan mulai tanggal 29 Agustus hingga 15 Oktober 2022. Survei wajib diisi oleh seluruh ASN (Baik PNS atau PPPK).

Pengisian Survei Employee Engagement untuk kelompok 1 yang merupakan Pemerintah Daerah yang berada di Wilayah Indonesia Barat dilakukan mulai tanggal 14 – 28 September 2022. Survei wajib diisi oleh minimal 140 responden dengan keterwakilan setiap kelompok jabatan dari berbagai jenjang (JPT-JA-JF).

Pemerintah Kota Batam langsung merespon baik pelaksanaan survei yang dilaksanakan KemenPAN RB tersebut dengan dikeluarkannya Nota Dinas Sekretaris Daerah Kota Batam ke Pimpinan Perangkat Daerah guna melakukan pengisian kuesioner Indek BerAKHLAK dan kuesioner Employee Engagement. Tercatat per tanggal 12 Oktober 2022 pukul 09.30 WIB jumlah ASN Pemerintah Kota Batam yang telah mengisi kuesioner 4.410 responden. Harapannya jumlah ini akan terus meningkat sampai dengan batas waktu pengisian tanggal 15 Oktober 2022. (Pada file lampiran disajikan Data Rekapitulasi Responden Kuesioner Indek BerAKHLAK DAN Employee Engagement per tanggal 12 Oktober 2022)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *