16 Juli 2024

Bagian Organisasi

Sekretariat Daerah Kota Batam

SEMANGAT ONE AGENCY ONE INNOVATION, PERANGKAT DAERAH KOTA BATAM SUSUN MAKALAH INOVASI YANG MUMPUNI DAN BERKUALITAS

2 min read

Guna menjalankan amanat PermenPAN-RB nomor 7 tahun 2021 tentang Kompetisi Inovasi Pelayaan Pubik di lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, Badan Usaha Milik Daerah serta menerjemahkan semangat One Agency One innovation, Pemerintah Kota Batam melalui Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Batam melaksanakan Bimtek Penyusunan Makalah Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2022. Acara berlangsung pada hari Kamis (27/01) bertempat di Galaxy Ballroom Planet holiday Hotel Batam, dengan mengundang seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Batam.

Dalam sambutannya, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs. Yusfa Hendri, M.Si, menyampaikan bahwa ada lima prioritas kerja presiden RI 2019-2024, yaitu: mempercepat dan melanjutkan pembangunan infrastruktur, pembangunan sumber daya manusia, kemudahan investasi seluas-luasnya untuk membuka lapangan kerja, reformasi birokrasi dan APBN yang fokus dan tepat sasaran. Dalam melaksanakan roda pemerintahan, Pemko Batam berusaha untuk melaksanakan kelima prioritas tersebut dengan melakukan berbagai inovasi. Adapun penilaian inovasi publik merupakan spirit atau rangsangan bagi pemerintah daerah ntuk melaksanakan inovasi-inovasi.

Kepala Bagian Organisasi Setdako Batam, Rudi panjaitan, S.STP, M.Si dalam laporannya menyebutkan bahwa acara bimtek yang diselenggarakan dengan mengundang para Sekretaris serta Kasubbag Umum dan Kepegawaian Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Batam dilaksanakan sebagai bentuk asistensi dan pembinaan dalam penyusunan makalah inovasi yang nantinya akan diikutsertakan dalam kompetisi tingkat kota, provinsi hingga nasional. Dengan tegas Rudi menyampaikan, “Diharapkan dengan mengikuti bimtek ini, pesera mendapatkan pemahaman dan acuan menyusun proposal inovasi pelayanan publik, guna memperoleh proposal inovasi yang semakin baik dari tahun ke tahun.”

Hadir sebagai narasumber dalam bimtek tahun ini, Titik Djumiarti, S.Sos, M.Si yang merupakan dosen Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu politik Universitas Diponegoro. Beliau memiliki kepakaran dalam Inovasi Organisasi Publik yang juga bertindak sebagai salah satu juri tingkat nasional dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh KemenPAN-RB setiap tahun.

Dalam materi paparannya, narasumber menyampaikan tentang inovasi-inovasi pelayanan publik yang diselenggarakan pemerintah, contoh inovasi yang sudah berhasil mendapatkan penghargaan di tingkat nasional dan pembahasan rancangan proposal inovasi yang dirangkum dalam materi presentasi berjudul Coaching Clinic Penyusunan Proposal Inovasi KIPP Kota Batam.

Dalam bimtek tersebut telah diterima 11 berkas proposal inovasi yang diajukan perangkat daerah Kota Batam yang langsung mendapatkan respon perbaikan dari narasumber. Sesi tanya jawab juga dimanfaatkan peserta untuk memastikan proposal inovasi sesuai dengan aturan yang ada, termasuk syarat kompetisi,  kriteria inovasi dan kategori inovasi yang ditetapkan oleh panitia kompetisi.