BIMTEK PENYUSUNAN LAPORAN KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (LKjIP) 2021: KINERJA MUMPUNI, WUJUDKAN BATAM BANDAR DUNIA MADANI

KOTA BATAM–Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Batam pada Senin, (15/11/2021) melaksanakan acara Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) di Lingkungan Pemerintah Kota Batam Tahun 2021, bertempat di Galaxy Ballroom Planet holiday Batam. Acara dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemko Batam, Pebrialin, SE, M.Si, mewakili Sekretaris Daerah Kota Batam.

Dalam sambutannya, Pebrialin menyampaikan apresiasi kepada para peserta yang hadir atas semangatnya untuk mengikuti penyusunan LKjIP tahun 2021 ini. Diharapkan setelah melaksanakan bimtek, para peserta yang terdiri dari Sekretaris serta Kasubag Perencanaan Program dan Keuangan dari 44 perangkat daerah ini dapat meningkatkan pemahamannya mengenai Logical Framework, pohon kinerja dan cascading sampai dengan penyusunan Laporan Kinerja instansi Pemerintah (LKjIP).

Dalam laporan pelaksanaan kegiatan, Kepala Bagian Organisasi Setdako Batam, Rudi Panjaitan S.STP, MSi menyampaikan sesuai dengan amanat Perpres nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan Permen PANRB RI Nomor 53 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Reviu atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah, maka dilaksanakan bimtek penyusunan LKjIP guna menghasilkan kualitas laporan Kinerja Instansi Pemerintah yang lebih baik dengan memberikan informasi kinerja yang sesuai dengan perencanaan yang ditetapkan.

Hadir sebagai narasumber dalam bimtek ini Ahmad Miftahul Khoiri S.AP, M.AP selaku Wakil Direktur Pengembangan Produk dan Kerjasama Smart ID serta Dian Prima Safitri, S.AP, M.AP yang merupakan salah satu Staf Ahli Smart ID yang telah banyak melakukan pendampingan penyusunan LKjIP diberbagai kabupaten/kota di Indonesia.

Bimtek dibagi menjadi 2 sesi, dimana sesi pertama disampaikan informasi mengenai penyusunan LKjIP, terkait komponen LKjIP dan format laporan kinerja. Materi selanjutnya berisi tentang pendekatan logical frame work, pohon kinerja dan cascading.  Sementara itu pada sesi kedua diisi dengan diskusi dan pembahasan contoh kasus penyusunan pohon kinerja, cascading dan LKjIP beberapa perangkat daerah diantaranya Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Batam serta Dinas Kesehatan Kota Batam

Pelaksanaan bimtek penyusunan LKjIP diharapkan dapat meningkatkan kompetensi pengelola SAKIP di level perangkat daerah, sehingga Kota Batam dapat memperoleh predikat penilaian terbaik dan yang terpenting semua perangkat daerah mampu menjalankan prinsip utama Good Governance yang akuntabel, partisipastif, transparam, efektif dan efisien.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.