25 April 2024

Bagian Organisasi

Sekretariat Daerah Kota Batam

‘SIKAMARRS’ INFORMASI KETERSEDIAAN TEMPAT TIDUR RUMAH SAKIT BATAM KINI DI UJUNG JARI

1 min read

Batam – Sebagai bagian dari inovasi dan penerapan penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik,(SPBE), Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Kesehatan dan Dinas Komunikasi dan Informatika mengembangkan portal informasi terbaru yang berisi informasi ketersediaan tempat tidur rumah sakit Kota Batam, dikenal dengan aplikasi “SiKamarrs”. Aplikasi ini dapat diakses seluruh masyarakat pada tautan https://si-kamarrs.batam.go.id/. Dengan mengklik portal tersebut masyarakat dapat mengetahui informasi ketersediaan tempat tidur di 20 rumah sakit se-Kota Batam, termasuk ruang ICU dan isolasi baik untuk penanganan Covid-19 maupun umum. Meski saat ini masih bersifat web based, kedepannya aplikasi ini akan dikembangkan untuk dapat diakses melalui aplikasi android dan ios di smartphone.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Dr Didi Kusmayadi, informasi pada portal “SiKamarrs” disiapkan secara realtime, karena selalu diperbaharui oleh pihak rumah sakit. Tidak hanya itu, disiapkan juga saluran siaga (hotline) yang sewaktu-waktu dapat dihubungi masyarakat yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut. Selanjutnya portal ini akan dilengkapi dengan info rumah sakit dan fasilitas pelayanan kesehatan atau fasyankes.

Kehadiran aplikasi “SiKamarrs” diharapkan dapat semakin meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang kesehatan guna menghadirkan pelayanan yang lebih cepat, lebih sederhana, lebih mudah, dan lebih terjangkau. Inovasi ini menjadi satu terobosan dan lompatan dalam peningkatan pelayanan kesehatan di Kota Batam. Hal ini juga menjadi amanat Walikota Batam yang selalu memotivasi agar ASN dan perangkat daerah dapat terus berinovasi dalam memberikan layanan publik.