PERMUDAH PARA INSAN REFORMER MENGISI PMPRB PUSAT DAN UNIT PEMKO BATAM, BAGIAN ORGANISASI HADIRKAN APLIKASI SISTEM REFORMASI BIROKRASI

BATAM : Reformasi Birokrasi yang pada hakikatnya merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan (business prosess) dan sumber daya manusia aparatur di lingkungan Pemerintah Kota Batam membutuhkan sentuhan dan komitmen bersama mulai dari Kepala Daerah sampai kepada Pimpinan Unit kerja dan insan-insan reformer di semua unit layanan public yang disediakan oleh Pmerintah Kota Batam.

Berbagai permasalahan dan hambatan yang mengakibatkan sistem penyelenggaraan pemerintahan tidak berjalan dengan baik telah ditata ulang atau diperharui. Reformasi birokrasi dilaksanakan dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).

Salah satu langkah strategis untuk membangun aparatur negara agar lebih berdaya guna dan berhasil guna dalam mengemban tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional dengan sangat pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi informasi dan komunikasi serta perubahan lingkungan strategis menuntut birokrasi pemerintahan untuk menyesuaikan diri sesuai dengan dinamika tuntutan masyarakat. Langkah-langkah yang bersifat mendasar, komprehensif, dan sistematik, sehingga tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan efektif dan efisien.

Proses pembaharuan yang dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan, dengan menghadirkan aplikasi yang digunakan seluruh unit kerja dalam melaporkan pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan unit kerjanya masing-masing. Aplikasi tersebut langsung dimanfaatkan oleh semua perangkat daerah yang langsung akses memantau nilai yang didapat dari hasil penilaian secara mandiri tersebut.

Aspek pelaporan yang selama ini dilakukan secara manual secara perlahan digantikan dengan pelaporan berbasis informasi dan teknologi yang sangat membantu para agen perubahan yang ditunjuk di masing-masing perangkat daerah dalam memenuhi berbagai aspek yang dilakukan penilaian setiap tahunnya oleh Kementerian PAN RB Republik Indonesia.

Harapan kita dengan hadirnya aplikasi dimaksud, maka pelaksananaan PMPRB dilingkungan Pemerintah Kota Batam dapat terlaksana secara efektif, efisien dan terukur serta terpantau secara transparan.(*B.Org.2022)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.