27 April 2024

Bagian Organisasi

Sekretariat Daerah Kota Batam

Inovasi Sijebol Untuk Permudah Masyarakat Batam

2 min read

(BATAM-10.10.2022): Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam melakukan sosialisasi program Sistem Jemput Bola (Sijebol) yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan pada Sabtu (08/10/22).

“Layanan Sijebol ini sangat membantu bagi masyarakat dalam kepengurusan dokumen kependudukan, terutama KTP (Kartu Tanda Penduduk). Petugas mendatangi warga yang belum mengurus e-KTP-nya,” ungkap Kadis Dukcapil, Heryanto,

Kadisduk tersebut juga menegaskan bahwa dengan kemudahan itu, masyarakat diminta untuk tidak lagi melakukan pengurusan e-KTP ataupun dokumen kependudukan lainnya melalui perantara atau yang biasa disebut sebagai calo. Bagi yang tidak punya waktu, terkendala kesehatan atau tidak ada kendaraan untuk mengurus ke Disdukcapil, sekarang petugas yang datang ke warga dengan membawa peralatan lengkap.

“Kami minta masyarakat tidak ada lagi yang menggunakan calo. Dari Dinas, untuk mengurus e-KTP maupun dokumen kependudukan lainnya, semuanya gratis. Tak ada yang pakai biaya,” tandasnya.

Sementara, selaku fasilitator kegiatan, Direktur Perusahaan PT. Terdepan Media Sukses (Media Online TERDEPAN.CO.ID). sekaligus Pimpinan Redaksi, Ika Ratna Dewi berharap agar kegiatan ini bermanfaat bagi warga Perumahan Buana Duta Bandara. Selain mendapatkan informasi tentang berbagai kemudahan dalam pelayanan administrasi kependudukan, acara tersebut juga menjadi proses awal untuk terwujudnya RT baru bagi perumahan itu.

“Kami selaku insan media, merasa terpanggil untuk ikut aktif membantu mensosialisasikan program-program pemerintah kepada masyarakat. Tentunya ini bermanfaat bagi masyarakat. Pengetahuan bahwa mengurus dokumen kependudukan, KTP itu mudah dan gratis, memang perlu terus disampaikan. Agar masyarakat tidak lagi menggunakan calo, selain itu sosialisasi terkait program yang lain tentang pembentukan RT serta dari intsnsi yang lainnya,” bebernya.

Hadir dalam acara tersebut, Camat Nongsa diwakili Sekcam, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam Heryanto, Ketua Komisi 2 DPRD Kepri, Wahyu Wahyudin, SE, Polsek Nongsa, Mantan Kepala BNNK Batam, AKBP Darsono, SH, Lurah Nongsa, Badri,SE, RT/RW, dan puluhan warga Buana Duta Bandara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *