26 April 2024

Bagian Organisasi

Sekretariat Daerah Kota Batam

Core Values: BerAKHLAK & RAMAH, Budaya Kerja ASN Kota Batam

3 min read

“Core Values ASN itu meliputi Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten,  Harmonis,  Loyal, Adaptif, Kolaboratif yang disingkat BerAKHLAK. Sedangkan Employer Branding ASN adalah Bangga Melayani Bangsa,” ujar Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin, Selasa (25/10/2022) pagi.

Wali Kota Batam H Muhammad Rudi (HMR), menerbitkan surat edaran tentang penerapan Core Values BerAKHLAK dan Employer Branding Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Batam dalam SE Nomor 64 Tahun 2022. Dengan core value ini HMR berharap, ASN di Pemko Batam dalam berbagai jabatan, memiliki nilai dasar yang sama, yaitu memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Sebab, sudah tidak lagi zamannya ASN minta dilayani.

𝗦𝗼𝘀𝗶𝗮𝗹𝗶𝘀𝗮𝘀𝗶 𝗱𝗶 𝗢𝗣𝗗 𝗵𝗶𝗻𝗴𝗴𝗮 𝗸𝗲 𝗠𝗲𝗱𝗶𝗮 𝗦𝗼𝘀𝗶𝗮𝗹

Core values dan employer branding ASN tersebut, lanjut Sekda, harus diterapkan oleh ASN di setiap organisasi perangkat daerah Pemko Batam, sebagai penguat budaya kerja RAMAH yang selama ini sudah tertanam. “Caranya melalui menggunakan logo berakhlak dan pagar bangga melayani bangsa dalam poster konten media sosial latar virtual twibbon bahan paparan dan lain-lain,” ujarnya. Bahkan, lanjut sekda, sosialisasi harus dilakukan dengan menyisipkan informasi BerAKHLAK dan Bangga Melayani Bangsa, serta Budaya Kerja RAMAH, dalam setiap kegiatan seperti apel rapat koordinasi pertemuan sosialisasi dan lain-lain.

Selain sosialisasi yang dilaksanakan oleh Kemendagri dan KemenPAN RB, secara kontinu Pemerintah Kota Batam telah melaksanakan sosialisasi core values BerAKHLAK kepada seluruh ASN Kota Batam melalui berbagai rapat sosialisasi dan asistensi secara langsung dengan mendatangi sluruh perangkat daerah yang ada.

𝗧𝘂𝗷𝘂𝗵 𝗡𝗶𝗹𝗮𝗶 𝗖𝗼𝗿𝗲 𝗩𝗮𝗹𝘂𝗲𝘀 𝗔𝗦𝗡 BerAKHLAK

Maksud Core Values BerAKHLAK:

Yang pertama adalah Berorientasi Pelayanan: dengan panduan perilaku memahami kebutuhan masyarakat, ramah, cekatan, soutif dan dapat diandalkan, serta melakukan perbaikan tiada henti.

Core value yang kedua adalah Akuntabel, yaitu bertanggung jawab atas kepercayaan yang diberikan dengan Panduan perilaku melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, disiplin dan berintegritas tinggi, menggunakan kekayaan dan barang milik negara secara bertanggung jawab, efektif dan efisian serta tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan.

Core value yang ketiga adalah Kompeten, yaitu terus belajar dan mengembangkan kapabilitas. Dengan panduan perilaku meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah, membantu orang lain belajar serta melaksanakan tugas dengan kualitas terbaik.

Core value ke empat adalah Harmonis yaitu saling peduli dan menghargai perbedaan dengan panduan perilaku menghargai setiap orang apapun latar belakangnya, suka menolong orang lain serta membangun lingkungan kerja yang kondusif.

Core value kelima adalah Loyal, yaitu berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara dengan panduan perilaku memegang teguh ideologi Pancasila UUD 1945, setia kepada NKRI serta pemerintahan yang sah, menjaga nama baik sesama ASN, Pimpinan, Instansi, dan Negara serta menjaga rahasia jabatan dan negara.

Core value ke enam adalah  Adaptif, yaitu terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan serta menghadapi perubahan dengan panduan perilaku  cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan, terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas sert bertindak proaktif.

Terakhir, Core value ke tujuh yang harus dimiliki ASN adalah kolaboratif yaitu membangun kerja sama yang sinergis dengan panduan perilaku memberi kesempatan berbagai pihak untuk berkontribusi, terbuka untuk bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah serta menggerakkan pemanfaatan berbagai sumber daya untuk tujuan bersama.

Pelaksanaan Core Values BerAKHLAK ASN Kota Batam

Guna melaksanakan internalisasi dan implementasi core values BerAKHLAK, Pemerintah Kota Batam melaksanakan sebuah aplikasi berbasis google drive yang dikenal dengan nama linktree ASN BerAKHLAK Kota Batam, dimana seluruh perangkat daerah diwajibkan untuk mengupload bukti dukung pelaksanaan internalisasi budaya kerja BerAKHLAK. Adapun evidence yang disiapkan terkait: rapat dan Sosialisasi, Twibbon, Roller Banner, Video ASN BerAKHLAK, Bukti Dukung Kuesioner, serta Bukti Dukung lainnya.

Dengan adanya aplikasi ini, dapat diukur sudah sejauh mana pelaksanaan budaya kerja dilakukan di masing-maing perangkat daerah. Evidence yang diupload secara berkala akan selalu diperiksa dan diupdate oleh Tim Kerja Bagian Organisasi Setdako Batam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *