6 Oktober 2022

Bagian Organisasi

Sekretariat Daerah Kota Batam

SMART CITY, KAJI KONEKTIVITAS DAN PARTISIPASI STAKEHOLDERS DI KOTA BATAM

2 min read

BATAM – Pemerintah Kota (Pemko) Batam memfasilitasi kajian strategis dalam bentuk penelitian dari Politeknik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara (STIA LAN), Jakarta. Penelitian dan kajian lapangan tersebut terkait dengan pelaksanaan dan prospek Smart City di Kota Batam.

Adapun tema penelitian yang dilakukan Politeknik STIA LAN Jakarta adalah Increasing Connectivity and Participation in Smart City Governance : A Cross-case of local Governments in Indonesia Smart City Initiatives.

Kunjungan politeknik yang dijadwalkan selama kurang lebih 4 (empat) hari tersebut dipimpin oleh Prof. Nurliah Nurdin selaku Ketua Tim dan di dampingi dua anggota yakni Alih Aji Nugroho dan Rindri Andrei Gati.

Wakil Wali Kota H Amsakar Achmad yang menerima kunjungan Tim Peneliti Politeknik STIA LAN Jakarta, menyambut baik dengan penelitian tersebut. Pemko Batam ditegaskan akan mendukung penuh kegiatan tersebut.

“Terimakasih kami haturkan dan sekaligus apresiasi yang tinggi atas kunjungan dan penelitian terkait Smart City, Pemko Batam pasti akan mendukung penuh kegiatan ini,” kata Amsakar, Senin (11/4/2022).

Turut mendampingi Amsakar, Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin Hamid, Kepala Diskominfo Azril Apriansyah, Kepala DLH Herman Rozie, Kepala DPM PTSP Firmansyah, Kepala Disdik Hendri Arulan, Kabag Organisasi Rudi Panjaitan dan sejumlah pejabat Pemko Batam lainnya yang terkait dengan konektifitas penerapan smart city.

Adapun agenda yang dilakukan di Batam, yakni FGD terkait dengan konektivitas penerapan Smart City di Kota Batam. Diskusi dan wawancara mendalam dilakukan bersama Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM, Bappelitbang, BPKAD, Bapenda, Diskominfo, Bagian Organisasi, BPBJ, Perencanaan Keuangan dan Administrasi Pembangunan Setdako Batam.

Kemudian FGD terkait partisipasi publik pada Smart City di Kota Batam, diskusi dilakukan dengan DPM PTSP, Dinas Kependudukan, Dinas UMKM, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, RSUD Embung Fatimah dan Dinas Lingkungan Hidup yang dilaksanakan pada selasa (12/04/2022) dan pada keesokan harinya melakukan kunjungan lapangan terkait obyek-obyek dan sarana pendukung smart city terkait dengan eksistensi fiber optic, sarana TIK di berbagai tempat publik serta Kawasan-kawasan perekonomian yang terkoneksi dengan smart city dimaksud.

2 thoughts on “SMART CITY, KAJI KONEKTIVITAS DAN PARTISIPASI STAKEHOLDERS DI KOTA BATAM

  1. Ping-balik: Lapak Satria

Comments are closed.