2 Mei 2024

Bagian Organisasi

Sekretariat Daerah Kota Batam

ROAD MAP REFORMASI BIROKRASI DIUBAH SEBAGAI BUKTI ORGANISASI DINAMIS

2 min read

Batam: Pemerintah Kota Batam dibawah kepemimpinan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, senantiasa responsive dengan perubahan-perubahan yang terjadi secara regional mapun nasional bahkan global supaya penyiapan perangkat-perangkat pelayanan publik terhadap kebutuhan masyarakat dapat tersedia secara handal dan sesuai kebutuhan. Tak ketinggalan juga dalam bidang strategis seperti Reformasi Birokrasi yang selalu terdepan dalam membingkai sikap dan perilaku ASN dalam menyiapkan produk layanan publik yang menjadi lokus penugasannya masing-masing.

Peta jalan (road map) reformasi birokrasi secara nasional sebagai  signal bahwa sistem pemerintahan Indonesia mulai dinamis, mengikuti dinamika global yang semakin cepat sebagai respon positif setelah pandemi yang sempat menghantam dunia dalam tiga tahun terakhir, serta pesatnya digitalisasi menjadi salah satu pemicu berubahnya road map reformasi birokrasi 2020-2024.

Kemen PAN RB dalam berbagai kesempatan secara tegas menyampaikan, saat ini birokrasi tematik menjadi fokus agar reformasi birokrasi bisa berdampak langsung bagi masyarakat. Penjelasan strategis dan taktis terkait RB Thematik dimaksud telah disosialisasikan dalam acara Talk Show RB Tematik dan Perubahan Road Map Reformasi Birokrasi 2020-2024 di Balai Sidang Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, pada Kamis (02/03). Acara tersebut digelar oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Bagian Organisasi Setdako Batam yang mewakili Sekretaris Daerah Kota Batam, H. Jefridin, M.Pd., selaku  Ketua Tim RB Kota Batam yang hadir melalui aplikasi zoom meeting dalam acara tersebut telah melakukan persiapan awal dengan menyampaikan konsep RB Thematik kepada sebanyak 31 Perangkat Daerah, 1 RSUD dan 12 Kecamatan se Kota Batam dengan melakukan perubahan (up date) data dan informasi, kesesuaian tim dengan fokus RB Thematik serta penyusunan perubahan Perwako Road Map RB Thematik yang ditargetkan rampung pada Triwulan I Tahun 2023 sehingga upaya dalam melakukan perubahan secara cepat dan fundamental terkait bagaimana birokrasi bekerja yang berfokus pada dampak yang dirasakan oleh masyarakat Kota Batam serta berfokus pada pencapaian tujuan pembangunan Kota Batam, regional nasional, sudah tergambar secara jelas dalam dokumen strategis tersebut.

Kepala Bagian Organisasi Setdako Batam, Rudi Panjaitan menyampaikan bahwa salah satu fokus RB Thematik yang sudah berjalan di lingkungan Pemerintah Kota Batam atas koordinasi dengan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI adalah dengan menghadirkan kemudahan-kemudahan perizinan berusaha untuk peningkatan ekonomi daerah dan nasional. Dalam mewujudkan target investasi 2023, DPM PTSP Kota Batam bersama Kementerian Investasi/BKPM telah melaksanakan Online Single Submission (OSS) berbasis risiko. “OSS mengintegrasikan pemrosesan persyaratan dasar izin berusaha dari berbagai sistem kementerian/lembaga yang sudah ada, ungkap Sekretaris Tim RB Kota Batam tersebut.

Selain itu, penanganan inflasi daerah yang terkendali melalui koordinasi yang intensif Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kota Batam, intervensi penanganan kolaboratif upaya penanganan kemiskinan yang melibatkan Perangkat Daerah Kota Batam tertkait, BPS dan Tim TKSK Kelurahan se Kota Batam, penanganan stunting, penyelesaian infrastruktur perkotaan serta fokus pemberian kemudahan-kemudahan kegiatan masyarakat yang berdampak dalam pertumbuhan ekonomi Kota Batam sebagai upaya kolaborasi seluruh instansi pemerintah selaku penyelenggara negara. Salah satu elemen penting dalam reformasi birokrasi adalah pemenuhan berbagai data nasional yang didukung oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Keberhasilan reformasi birokrasi tak lepas dari kolaborasi antar-kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah dalam mencapai tujuan pembangunan nasional. (B.Org.2023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *