28 Februari 2024

Bagian Organisasi

Sekretariat Daerah Kota Batam

Akselerasi Digitalisasi Pemerintahan Mendesak, Pemko Batam hadir dalam SPBE Summit 2023

3 min read

JAKARTA: Pemerintah Kota Batam menunjukkan komitmen yang tinggi dalam upaya akselerasi digitalisasi pemerintahan dengan menhadiri acara Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit 2023 yang dipadu dengan Digital Government Award yang digelar oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) bersama Tim Koordinasi Nasional SPBE dalam rangka mewujudkan kedaulatan digital di Indonesia pada Senin, 20 Maret 2023 di Jakarta.

Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PANRB Nanik Murwati, menyampaikan bahwa akselerasi digital tidak akan sukses tanpa adanya kolaborasi secara komprehensif antar-instansi. “Pada kegiatan ini kami mengundang seluruh pimpinan instansi pusat dan kepala daerah agar memahami arah kebijakan SPBE sekaligus mendapat insight dari instansi pemerintah yang berhasil melaksanakan SPBE,” ujarnya saat didaulat menyampaikan laporan penyelenggaraan acara  di Ballroom Kempinski Hotel, Jakarta, Senin (20/03).

Acara yang dihadiri Menteri PAN RB RI, Menteri Koordinator Marinves, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata serta Menteri KUKM serta perwakilan dari Menko Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam); mewakili Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK); serta perwakilan Menko Bidang Perekonomian.

Pada puncak acara tersebut juga diberikan anugerah Digital Government Award kepada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah (IPPD) dengan enam kategori penerapan SPBE terbaik. Adapun kategori tersebut yakni Kategori Penerapan Layanan SPBE IPPD; Kategori Pencapaian Indeks SPBE IPPD; Kategori Peningkatan Indeks SPBE IPPD; Kategori Pelaksanaan Tata Kelola SPBE IPPD; Kategori Penguatan Kebijakan SPBE IPPD; dan Kategori Penerapan Manajemen SPBE IPPD.

Sementara Pemerintah Kota Batam yang diwakili Sekretaris Daerah Kota Batam, H. Jefridin yang hadir mewakili Wali Kota Batam menyampaikan bahwa sejak Tahun 2016, Pemerintah Kota Batam telah mengintegrasikan berbagai pelayanan publik untuk kemudahan penatalayanan publik di Kota Batam seperti Mall Pelayanan Publik dan Penatalayanan Pengelolaan Keuangan Daerah Kota Batam. Khusus terkait penyelenggaraan SPBE, Kota Batam merupakan satu-satunya daerah di Kepri yang mendapatkan predikat baik dalam Hasil Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Hal itu berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI No 1503 Tahun 2021 tentang SPBE pada Kementerian, Lembaga dan Pemda Tahun 2021. Batam raih predikat Baik dan Indek SPBE kita tertinggi di Kepri yakni 2,64, ungkapnya disela-sela acara yang sangat luar biasa tersebut.

Masih menurutnya, semua perizinan sudah dilimpahkan Wali Kota Batam kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Kota Batam dan sudah menerapkan sistem online dengan link http://ptsp.batam.go.id, yang hal tersebut bertujuan untuk penatalayanan yang cepat dan mudah serta tidak berbelit. Penilaian SPBE Tahun 2021 berpedoman pada Permen PANRB No.59 Tahun 2020, terdapat penambahan Struktur Penilaian dari sebelumnya (Permen PANRB No. 05 Tahun 2018). “Terdapat 47 indikator penilaian evaluasi SPBE untuk tahun ini, diantaranya Kebijakan SPBE (Peraturan Walikota), Rencana Induk SPBE, Layanan SPBE yang ada di Pemerintah Kota Batam, Infrastruktur TIK, Aplikasi dan faktor-faktor integratif lainnya.

Hadir mendampingi Sekda Kota Batam, Kepala Bagian Organisasi Setdako Batam, Rudi Panajaitan, yang juga merupakan Tim SPBE Pemko Batam dan menambahkan bahwa SPBE Summit 2023 menjadi kesempatan mewujudkan SPBE yang terpadu dan berkesinambungan sesuai dengan Peraturan Presiden No. 95/2018 tentang SPBE dan Peraturan Presiden No. 132/2022 tentang Arsitektur SPBE dan dengan adanya SPBE Summit 2023, pembangunan layanan digital berbasis masyarakat (citizen centric) diharapkan segera terwujud. Selain itu, Tim Koordinasi SPBE diperkuat menjadi Digital Transformation Agent (DTA) guna memastikan manajemen perubahan dan operasional layanan digital termasuk di level Pemko Batam. (B.Org.2023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *